Home / Ekonomi / Media

Senin, 20 Februari 2023 - 05:00 WIB

Rakor Nasional penanggulangan Inflasi Daerah, ini penjelasan singkat Dandim 1415 Selayar

Kodimselayar.org, Selayar – Pemerintah dan segenap Forkopimda, dalam menstabilkan harga untuk menekan Inflasi Daerah Letkol Inf Nanang Agung Wibowo(Dandim 1415/Selayar Korem 141/Tp) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional penanggulangan Inflasi Daerah di Rumah jabatan Bupati kabupaten Kepulauan Selayar jln Ahmad Yani no 1 Benteng Kab Selayar secara Hybrid melalui Aplikasi Zoom meeting, 20/02/2023

Dalam kegiatan Rakor hari ini,Hadir dalam kegiatan tersebut,

Basli Ali ( Bupati kepulauan Selayar), Letkol Inf. Nanang Agung Wibowo ( Dandim 1415/Selayar , AKBP Ujang Darmawan, S.IK ( Kapolres Selayar), Mesdiyono ( Sekda kabupaten kepulauan Selayar), Hj.Satmawaty.s.sos,M.A.P. ( Kadis sosial) ,Andri SH.MA. (Kasidatun kajari), Muh Rusli AR,ST (Dinas PU), Andi jora SH.Kabid perdagangan, Ahriansa (Dinsos), Fatrecia Melda (Dishub), Muh Agus (Distan kp ), Lisna liana (Bappellitbagda)

Mendagri Tito Karnavian,dalam Sambutannya, sedikitnya ada enam upaya konkret pemerintah daerah dalam penanganan inflasi daerah.

Pertama adalah melaksanakan operasi pasar murah, Melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan.

Perlunya gerakan menanam, merealisasikan BTT dan dukungan transportasi dari ABPD.

Inflasi secara nasional tercatat berada di angka 5,51 persen.

Target nasional 3 persen di tahun ini. Kita harus bekerja lebih keras lagi, Ia mengatakan kerja keras pemerintah daerah sangat diperlukan melalui berbagai rangkaian intervensi.

Serta Kolaborasi stakeholder ini agar bisa membantu dalam mengatasi inflasi yang terjadi.

Kepada TNI/ Polri saya ucapkan terima kasih tetap bersinergi membantu dan mendukung mengatasi inflasi di daerah dengan menyiakan lahan ketahan pangan dan mengawasi harga di pasaran.

Dalam kegiatan yang sama, Sambutan Mentri Pertanian yg mewakili, Cabe Merah dan Bawang merah Kami tidak melakukan impor lagi, Secara nasional selama maret – April 2023 produksi beras masih surplus

READ  Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Kepulauan Selayar, Tenaga Ahli BNPB Pusat disambut Hangat Dandim bersama Sekdin BPBD

yang Terdapat pada 16 provinsi yang surflus dan 18 provensi yg defisit.

Guna Memperkuat logistik dan distribusi beras dari daerah surflus ke daerah defisit menjadi penting ada Beberapa langkah langkah yg di ambil oleh kementrian pertanian di antaranya, koordinasi dengan daerah antisipasi panen raya padi,kordinasi dengan champai cabai bawang merah,konsolidasi dengan petani/ pedagang bawang merah untuk mengatasi inflasi di setiap masing masing daerah dan

Melakukan sidak ke pasar induk untuk memastikan kesedian pangan khusus beras.

Tak lupa juga Sambutan Deputi Badan Satistik dalam arahannya,

harga Beras medium dan premium cenderung terus naik kenaikan harga beras sejalan dengan naik,nya harga gabah di tingkat petani kenaikan di duga karna kurang,nya pasokan beras dan minim,nya panen di wilayah sentra.

Haraga telur dan daging ayam ras relatif menurun dan di harapkan akan stabil, indikator perubahan harga 10 kabupaten dengan kenaikan iph tertinggi sumatra barat,jawa barat nusa tenggara barat,sulawesi selatan,maluku utara,sumatra barat,nusa tenggara timur,sulawesi selatan,sulawesi tenggara,aceh.

 

Pada dasarnya kebutuhan pangan masih bisa dipenuhi ditiap daerah karena pola panen padi dari tahun 2022 sampai Januari 2023 terjadi peningkatan.

Dalam inflasi yang terjadi, Perlunya monitoring kesediaan bidang pangan di masing- masih daerah antaranya minyak goreng,cabai,bawang merah,telur ayam,gula pasir terutama beras kerena tembus keharga eceran tertinggi dan harus tetap stabil.

Kami siap membantu apa saja yang dibutuhkan tiap daerah dan masukan dari tiap daerah supaya harga pokok bisa ditekan dan tetap stabil.

komuditas dengan harga di atas het/hap beras premium dan beras medium,bawang merah,cabai merah kriting,telur ayam ras,gula komsumsi,minyak goreng curah,jagung, peternak.

Disaat yang sama Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo Dandim 1415/ Selayar Korem 141/tp, menjelaskan dengan singkat, mendukung pemerintah daerah mentabilkan harga dengan selalu melakukan pemantauan dan operasi pasar guna untuk menstabilkan harga 9 bahan pokok yang terjadi diSelayar Pada khususnya. Ungkapnya

READ  Meriahkan Hut RI ke 78, Kodim 1415/Selayar Gelar Berbagai Lomba Melibatkan Istri dan Anak Prajurit

Share :

Baca Juga

Daerah

Dandim 1415/Selayar Hadiri Sertijab Dandim 1421/Pangkep dirangkaikan Wisuda Purna Tugas Kasi log Kasrem 141/TP

Daerah

Babinsa Bersama Basarnas Selayar Evakuasi Warga Barugaia yang Mengalami Kerusakan Perahu Saat Melaut

Daerah

BERI DUKUNGAN MORIL, BABINSA KODIM 1415/SELAYAR BERIKAN AL-QURAN DAN BANTUAN SEMBAKO

Daerah

Gerak Cepat Babinsa Redam Perselisihan Warga Desa Tarupa

Daerah

Tanamkan Kepedulian Lingkungan, Babinsa Ajak Warga Bersihkan Pesisir Pantai

Daerah

Dandim 1415/Selayar bersama jajaranĀ  Mengikuti Jam komandan Korem 141/Tp Melalui Vidcom

Daerah

Kodim 1415/Selayar Bergerak Cepat Atasi Krisis Air Di Desa Bontona Saluk

Daerah

Pasi Ops Kodim 1415/Selayar Hadiri Upacara Hardiknas Tingkat Kabupaten Selayar