Home / Media

Senin, 28 Agustus 2023 - 11:56 WIB

Dandim 1415/Selayar hadir dalam Rakor Kodam XIVHasanuddin 2023

Kodimselayar.org – Kodam XIVHasanuddin laksanakan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting dirangkaikan dengan Launching Percepatan Penurunan Stunting oleh Babinsa Se-Sulawesi Selatan dan Kampanye Perubahan Perilaku Tahun Anggaran 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Kegiatan rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam percepatan penurunan stunting di Sulawesi Selatan. Dimana angka stunting di Sulawesi Selatan berdasarkan data Hasil Studi Gizi Indonesia (SSGI) menunjukkan angka 27,2%. Angka tersebut sangat jauh diatas rata-rata nasional yakni 17,1%, dan Sulsel hanya dapat menurunkan sebesar 0,2% dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2022.

Berangkat dari data tersebut diatas, Kodam XIV/Hasunuddin berkomitmen untuk mendukung Percepatan Penurunan Stunting di wilayah Sulawesi Selatan melalui kolaborasi dengan Dinas P3A (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Dalduk KB Provinsi Sulsel.

Salah satu langkah yang diambil Kodam XIV/Hasanuddin adalah dengan melibatkan unsur Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang berada di wilayah Sulawesi Selatan untuk berperan aktif dalam mendukung program Dinas P3A Dalduk KB Provinsi Sulsel.

Berdasarkan gambaran kondisi Stunting pada 24 Kab/Kota di Sulawesi Selatan, terdapat 12 Kabupaten/Kota yang prevalensi Stunting-nya menurun, namun masih terdapat 11 Kabupaten/Kota yang prevalensi Stunting-nya mengalami kenaikan, serta terdapat 1 Kabupaten yang stagnan. Sementara itu target penurunan angka stunting secara nasional pada tahun 2024 adalah 14%, hal ini tentunya membutuhkan kerja sama dan kerja keras untuk mencapai target nasional tersebut di Provinsi Sulsel.

Pangdam XIV/Hasanuddin Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr.(Han) mengatakan, Melalui kegiatan ini, saya perintahkan para Babinsa agar berperan aktif dalam program pemerintah untuk menekan jumlah stunting dan dapat memenuhi target nasional pada tahun 2024.

Secara teknis dan detailnya peran Babinsa akan diberikan materi oleh Kepala Dinas Dalduk KB Provinsi Sulsel tentang kebijakan, strategi, peluang dan tantangan.

Untuk itu manfaatkan waktu rapat ini dengan sebaik-baiknya, dengan harapan materi yang diberikan dapat dipahami dan dilaksanakan sehingga peran Babinsa dalam program percepatan penurunan stunting dapat optimal.

Dan mengawali peran aktif Babinsa dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Sulsel pada hari ini akan kita Launching Percepatan Penurunan Stunting oleh Babinsa Se-Sulawesi Selatan dan Kampanye Perubahan Perilaku Tahun Anggaran 2023.

Kepada para Dandim agar melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan percepatan penurunan stunting terhadap para Babinsa di wilayah teritorialnya masing-masing. Pastikan Babinsa melaksanakan kegiatan sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Dalam Rakor Percepatan Penurunan stunting & Launcing Percepatan Penurunan stunting oleh Babinsa Se- SuSel, Hadir Dandim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo Sebagai peserta.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Dandim Menerima Korpraport Kenaikan Pangkat 15 Anggota Kodim 1415/Selayar

Daerah

Membantu Mengatasi Kesulitan Rakyat,Babinsa Koramil 1415-03/Psmr Jadi Kuli Dadakan

Daerah

Kunjungi Kodim 1415/Selayar, Baznas Laksanakan Sosialisasi Zakat Maal

Daerah

Sinergitas Babinsa, Bhabinkamtibmas, Dan Kades Laksanakan Karya Bakti Pembersihan Pasar

Daerah

Dandim 1415 Selayar Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Barugaiya

Daerah

Paskibra Kabupaten Kepulauan Selayar Sukses Kibarkan Bendera Kebangsaan, Tim Pelatih Merasa Bangga

Daerah

Tanamkan Kedisiplinan Di Generasi Muda Babinsa latihkan PBB di sekolah

Daerah

Dalam Rangka HUT Kodam XIV/Hasanuddin Ke 66, Kodim 1415/Selayar Laksanakan Ziarah Rombongan Ke TMP Barugaya