Home / Daerah / Media

Senin, 28 Agustus 2023 - 15:23 WIB

Sinergitas dan Pengabdian, Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Gotong Warga Sakit Saat Hendak Dievakuasi ke RSUD Hayyung

Kodimselayar.org-Babinsa Desa Kayu Bauk koramil 1415-04/Bontomatene Serda Ansar bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Supriadi kompak menggotong warganya yang menderita sakit menuju mobil ambulans saat hendak dibawa ke RSUD KH. Hayyung, Benteng, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. 

Warga yang menderita sakit tersebut bernama Rustam yang kerap disapa Aco saat ini telah berusia 43 tahun dan menderita sakit dari sekitar umur 18 tahun. Kedua orang tuanya telah meninggal dunia, sehingga ia hanya tinggal sendiri.

Serda Ansar mengungkapkan bahwa saat itu dirinya sementara melakukan komunikasi sosial (komsos) pasca kebakaran di Dusun Rakrak yang terjadi pada Senin, 21 Agustus 2023 lalu. Kebetulan juga Pihak Dinsos datang membawa bantuan ke korban kebakaran, dan salah seorang dari mereka melihat kondisi Rustam yang rumahnya berada tepat disamping rumah yang hangus terbakar tersebut.

“Awalnya, hanya akan diberikan bantuan, namun setelah melihat langsung kondisi Rustam, Pihak Dinsos berkesimpulan membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Bersama dengan Tim Medis dari PKM Parangia, Rustam kemudian di bawa ke RSUD KH. Hayyung. Disitulah kami bersama Pak Binmas, membantu mengangkat Rustam menuju mobil,” ucap Ansar. 

Dikonfirmasi terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Kayu Bauk Aiptu Supriadi, kepada Pewarta pada Senin (28/8/2023) mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan karena merupakan salah satu bagian dari tuganya sebagai Bhabinkamtibmas.

“Ini perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar slogan Polri yakni Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan) di aplikasikan dilapangan. Sehingga tentunya sebagai aparat, kami harus selalu siap saat ada warga yang membutuhkan layanan,” ucap Supriadi. 

Bhabinkamtibmas Desa Kayu Bauk ini menjelaskan jika Rustam dibawa ke RSUD KH. Hayyung pada Rabu, 23 Agustus 2023 lalu. Saat itu, kata Aiptu Supriadi, dengan disaksikan Pemerintah Desa Kayu Bauk, pihak Dinas Sosial Kepulauan Selayar bersama dengan Tim Media PKM Parangia datang menjemput Rustam yang telah bertahun-tahun menderita sakit untuk mendapat perawatan di RSUD KH. Hayyung.

Rustam penyandang disabilitas psikososial dan juga menderita lumpuh, sehingga saya bersama Pak Babinsa bersama-sama menggotongnya menuju mobil Ambulans, saat akan di bawa ke rumah sakit,” jelasnya. 

Kendati tinggal sendiri, selama ini dia dirawat oleh tantenya. Rustam juga tercatat sebagai salah seorang penerima bantuan BPNT di Desa Kayu Bauk.

“Kalau bantuannya selalu diterima oleh tantenya, karena selama ini memang dia dirawat oleh tantenya. Saat ini Rustam masih dirawat di rumah sakit, pun dijaga oleh tantenya,” jelas salah seorang staf Desa Kayu Bauk. 

Share :

Baca Juga

Daerah

Dandim 1415/Selayar Pimpin Apel Kembali Gelombang Pertama dan Pemberangkatan Cuti Lebaran Gelombang Ke dua

Daerah

Wujud Kepedulian, Babinsa Koramil 04/Bontomatene Bantu Warga Membuat Kopra

Daerah

Dukung Kelancaran Tugas Di Lapangan, Kodim 1415/Selayar Laksanakan Pemeriksaan Dan Servis kendaraan Dinas

Daerah

Memupuk Jiwa Nasionalisme Kodim 1415/Selayar Gelar Upacara Bendera Mingguan

Daerah

Kunker Ke Wilayah Kodam Hasanuddin, Kadisbintalad Berikan Pembinaan Mental dan Ideologi Kepada Personil Kodim 1415/Selayar

Daerah

BABINSA BANTU WARGA MEMBANGUN RUMAH.

Daerah

Babinsa Koramil 1415-01/Bontisukuyu Bersama Masyarakat Kerja Bakti Penyiapan Tempat Sholat Idul Fitri

Daerah

Jum’at Bersih, Kodim 1415/Selayar Kolaborasi Dengan PLN, BPBD dan DLHK Laksanakan Pemangkasan Pohon